Bosen dengan permainan yang biasa-biasa saja ? Pengin mencoba permainan yang seru dan menantang? Tak ada salahnya jika mencoba permainan airsoft gun. Untuk melakukan permainan ini, kita harus mengajak teman-teman kita karena dalam permainan ini harus dilakukan berkelompok. Jadi asyik khan kita bisa besenang-senang bareng teman-teman kita.

Bermain airsoft gun selain menantang adrenalin, permainan ini bisa mengasah kemampuan kita dalam mengatur strategi dan dapat dimanfaatkan untuk mengolah tubuh. Permainan ini awal mulanya dikenal di Jepang sekitar tahun 1970-an saat diterapkan larangan kepemilikan senjata api untuk warga sipil. Untuk memfasilitasi warga sipil yang gemar bermain senjata api, akhirnya dibuat replika senjata yang mirip dengan aslinya. Walaupun awalnya diperuntukan bagi warga Jepang yang hobi mengokang senjata, namun permainan ini berkembang pesat ke seluruh penjuru dunia, termasuk di Indonesia.

Permainan airsoft gun biasanya dimainkan oleh 2 kelompok yang terdiri dari beberapa orang dalam satu kelompok. Cara memainkannya yakni dengan membidik sasaran dengan tepat dan cermat. Siapa yang bisa membidik sasaran dengan tepat dan cermat itulah pemenangnya.untuk menjadi pemenang dan menghindari bidikan peluru, pemain bisa berlindung dibalik dinding, semak, atau karung dan lainnya yang sudah tersedia diarena permainan.

Mengingat permainan airsoft gun merupakan permainan yang menuntut keamanan, maka beberapa peralatannya perlu diperhatikan.

Senjata Replika
Senjata replika dibagi menjadi tiga jenis berdasarkan tenaga penggeraknya. Yang pertama adalah spring, yang menembakkan peluru dengan menggunakan per. Senjata replika yang kedua berjenis elektrik, senjata replika ini digerakkan oleh dinamo elektrik atau motor penggerak. Tenaga yang digunakan untuk menembakkan peluru bersumber pada baterai yang terpasang dalam senjata tersebut. Dan senjata replika yang ketiga dioperasikan dengan menggunakan gas yang bertekanan tinggi.

Peluru
Agar permainan yang dilakukan seru, tentunya juga membutuhkan peluru untuk mengisi senjata replika tersebut. Biasanya peluru yang digunakan berbentuk bulat yang terbuat dari plastik yang padat. Untuk ukurannya biasanya berdiameter 6mm.

Keamanan
Dalam permainan ini dibutuhkan standar safety. Nah untuk mendukung keamanan, keselamatan para pemain dibutuhkan beberapa alat pengaman berupa pelindung mata dan wajah untuk mengantisipasi lesakan peluru mengenai bagian mata maupun wajah sehingga terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Pakaian yang digunakan dalam permainan ini juga dirancang dan dibuat khusus untuk permainan airsoft gun. Pakaiannya memiliki ketebalan standar yang nyaman dan aman saat digunakan.

Peralatan pelindungnya seperti kacamata untuk melindungi mata dari lesakan peluru, helm yang berbentuk topeng untuk melindungi area wajah serta jaket dan rompi untuk melindungi tubuh serta pelindung kaki. Setelah peralatan lengkap, untuk mengikuti permainan airsoft gun harus mengikuti aturan dan kode etik permainan yang sudah ditetapkan untuk menjamin keselamatan pemain tetap terjaga.

Karena tujuan permainan ini adalah untuk kesenangan, maka tidak diperkenankan menggunakan kekerasan dalam bentuk apapun dalam permainan ini. Umur pesertanya juga harus sudah 18 tahun, dan jika masih dibawah 18 tahun harus ada ijin dari orang tua. Dan pastikan kondisi badan anda fit dan siap untuk bermain. Jadi sudahkan siap bermain airsoft gun?

Foto : http://blog.airsoft-squared.com

Comments

comments